

Ijinkan saya menjawab. Strategi pengembangan usaha dengan "rajin mengikuti event" adalah startegi utama yang kami terapkan dalam pengembangan brand ini. Kami ingin selain ada pengenalan brand juga ada "experience" dari calon pelanggan (dan bahkan calon mitra). Dengan biaya yang relatif tak tinggi, kami bisa berada di kalangan-kalangan yang berpotensi membeli produk kami. Kalau kami ikut satu pameran besar -misal di Franchise EXPO- dengan biaya besar, kami hanya menjangkau ceruk : ceruk para calon mitra (yang secara emosional hanya ketemu pada saat itu saja). Mengapa emosional? karena mereka (calon mitra) hanya mendengar penjelasan kita saja, tapi tak melihat sendiri bagaimana produk kita digemari oleh masyarakat awam (para pembeli).
Pasang iklan di Koran? Hmmm...bukan cara yang tepat untuk "pemula" seperti saya. bahkan berurusan dengan media cetak/elekteronik pun ada kiatnya. Sekedar pasang iklan display -saya jamin- bukan startegi yang tepat. Bahkan cenderung sia-sia, di tengah banyaknya media yang makin ter-fragmentasi pasarnya : dan cenderung menawarkan harga iklan hanya dengan satu kiat : MURAH.
Capek dan Malas sebagai alasan menunda? Tidak ! Silakan cek postingan kami pertama dari blog ini (tahun 2006 lalu), sedari awal kami mencoba FOKUS dan KONSISTEN dengan strategi ini. Karena, Malas dan Menunda adalah penyakit berbahaya...karena malas dan menunda membuat kita tak melakukan apa-apa selain mengeluh, mencari kambing hitam dan terus terjerumus dalam limbah tak berguna.
FOKUS dan KONSISTEN itu saja resepnya ... biar tangan Tuhan yang membantu kita. Bismillah, semangat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar