Metode promosi selain harus smart, efektif juga efisien. Pengalaman saya 13 tahun bekerja sebagai "tukang koran" membawa banyak pelajaran, beriklan di koran bukan cara pamungkas untuk mendongkrak image dan awareness sebuah brand. Apalagi brand (dengan produk baru) yang memerlukan "sensasi coba-coba" dari konsumennya. Bahkan, beriklan di koran pun ada strategi khususnya, tidak sekedar pasang iklan display dan bayar.
Salah satu strategi promosi yang-mustinya- dilakukan para pemula usaha : adalah mengikuti sebanyak mungkin event. Tampil di mana-mana, supaya makin banyak calon konsumen yang mencoba.
Dua minggu ini, kami mencoba konsisten pada "resep jitu" petuah para pendahulu kami yang sudah sukses.
Tak tanggung-tanggung, tiga event kami ikuti sekaligus.
Pertama Event di SMA 9 Semarang. Di sana digelar Pekan 4 Bahasa, seru dan luar biasa. Dalam event itu kami memperkenalkan produk baru kami : KOPIBLEN, versi ekonomis-nya MISTERBLEK coffee. Alhasil dengan harga Rp 6.000,- kopi ala bintang lima ini diserbu temen-teman pelajar SMA 9 Semarang, 200 cup ludes dalam sekejap.
Kedua, Event di Kantor Pusat Bank Mandiri (25-29 Oktober 2010). Ini adalah event yang cukup besar, karena pesertanya hanya MISTERBLEK dan GRAMEDIA. Kehadiran MISTERBLEK di Event yang digelar dengan nama MORG Book Fair ini tentu saja cukup menarik perhatian pengunjung (terutama karyawan Bank Mandiri Pusat) yang tentu saja sudah cukup akrab dengan cita rasa kopi enak ala cafe waralaba asing kelas dunia. Dan..sluurppp, pujian mengalir pada tim kami yang bertindak ala barista ala dunia : kopinya enakkkk !
Ketiga, Event Family Gathering Keluarga besar BNI Syariah di Kantor Pusat BNI-Jl Jend Sudirman. Luar biasanya acara yang dimulai pukul 6 pagi ini (sehingga kru kami haruis berangkat dari kantor pukul 4 pagi) mengejutkan animonya. Bahkan anak-anak pun tertarik mencoba sluurpppp-nya kopi MISTERBLEK. Alhasil, tak perlu waktu seharian, stok kopi yang kami bawa ludes diantri peserta. Luar Biasa.
Alhamdulillah, langkah ini akan terus kami lakukan untuk terus membangun brand. kami berusaha FOKUS dan KONSISTEN, karena kata para leluhur di wirausaha : dua hal itulah kuncinya. Jangan mudah capek atau terlalu banyak pertimbangan, JUST DO ! Kepada mitra dan distributor hanya itu ajakan kami, supaya anda semua juga sukses. Karena kesuksesan Seribu persen milik anda sendiri (saya tidak minta bagian). Wassalam,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar